Entri Populer

Selasa, 15 November 2011

Kamus Istilah Perikanan Edisi I

Page: 304 hlm, 2010; Rp. 30.000
Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dibidang kelautan dan perikanan, menuntut agar semua pihak yang terlibat dalam bidang tersebut mampu memahami istilah-istilah umum yang sering digunakan.

Di dalam kamus ini terkandung berbagai istilah umum yang berkaitan dengan bidang perikanan baik budidaya, teknologi perikanan, alat tangkap, pencemaran lingkungan, kelautan dan luas wilayah laut Indonesia, serta hal-hal yang berkaitan kehidupan biota air dan penyakit ikan.


Selain menerangkan tentang istilah-istilah kelautan dan perikanan, kamus ini juga mengandung daftar nama-nama ilmiah ikan dan komoditas perikanan lainnya, serta dilengkapi dengan gambar ikan, agar pembaca lebih mudah memahami isi buku.

Oleh karena itu, kehadiran ”Kamus Istilah Perikanan” ini diharapkan dapat menjadi bahan bacaan dan rujukan bagi para pelajar, mahasiswa, guru, dosen maupun masyarakat umum yang berminat mengembangkan pengetahuannya dalam bidang perikanan.

Tentang Penulis

Agus Putra A. Samad, dilahirkan di Langsa pada tahun 1980. Penyusun menyelesaikan Pendidikan Dasar mulai dari SD (1992), SMP (1995) hingga SMU (1998) di  Langsa. Pada tahun 1999, penyusun melanjutkan pendidikan di Jurusan Budidaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Riau, Pekanbaru. Kemudian, tahun 2006 beliau melanjutkan pendidikannya ke jenjang magister sehingga mendapatkan gelar Master of Science Aquaculture dari Institute of Tropical Aquaculture, University Malaysia Terengganu pada tahun 2008. Saat ini, beliau sedang menempuh pendidikan Doctoral di Department of Aquaculture, National Taiwan Ocean University, Taiwan.

Beliau bekerja sebagai staf pengajar pada Akademi perikanan dan Kelautan Banda Aceh dan Universitas Samudera Langsa. Selain aktif menulis buku dan modul-modul keterampilan yang mendalami masalah perikanan, beliau juga aktif mengikuti seminar dan forum ilmiah baik tingkat nasional maupun internasional.